Selain Hemat Anggaran, Energi Terbarukan Juga Ramah Lingkungan

Leave a Comment


Rencana pemerintah yang membuat terobosan untuk energi terbarukan bukan hanya menjadi kabar gembira bagi para pengembang, badan usaha, maupun investor panas bumi. Terobosan yang dilakukan pemerintah ini juga dinilai tepat. Pasalnya, Penggunaan energi terbarukan dinilai lebih baik dibanding energi fosil, karena selain dapat menghemat anggaran, energiterbarukan ini juga lebih ramah terhadap lingkungan. 

Direktur Utama PT Energy Management Indonesia (EMI) Persero, Aris Yunanto, mengungkapkan pemanfaatan ketersediaan alam untuk pemenuhan kebutuhan energi dalam sistem pengembangan Energi Baru dan Terbarukan(EBT) menjadikan syarat kelestarian lingkungan sebagai faktor yang harus dipenuhi dalam pengembangan EBT . 

Dirinya mencontohkan untuk pembangunan sumber energi terbarukan berbasiskan bioenergi misalnya, sangat dibutuhkan bahan baku energi primer yang berasal dari ketersediaan hutan dan kebun energi. Keberadaan hutan dan kebun energi ini membuat perusahaan yang mengusahakan energi biomassa harus menjaga kelestarian hutan dan faktor pendukungnya, seperti keberadaan air, udara dan tanah.

Aris mengatakan potensi sektor EBT akan semakin favorit jika keberadaan bahan baku dapat terjamin. Namun menurut Aris, saat ini Indonesia belum memiliki dana yang cukup untuk pengembangan sektor energi terbarukan. Meski begitu, Direktur PT Energy Biomassa Indonesia (EBI), Satrio Astungkoro, optimis, meskipun mengalami beberapa kendala peluang energi terbarukan di Indonesia sangat terbuka lebar. Hal ini mengingat sumber energi fosil yang bisa habis, ditambah negara-negara di dunia pun sudah sepakat utk gunakan EBT di konferensi Paris kemarin.

Sumber:

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situ Si-Nergi
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar