3.898 Rumah di Sorong Dapat Pasokan Gas Bumi PGN

Leave a Comment
Infografis: Mujahid Alawy (http://bit.ly/1Y3m3IA)
Mulai sekarang, sebanyak 3.898 rumah warga di Sorong, Papua Barat, yang tersebar di 5 kelurahan, yakni Kelurahan Malawili, Malawele, Mariat Pantai, Klabinain, dan Aimas, dapat memasak menggunakan energi baik berupa gas bumi dari Perusahaan Gas Negara (PGN). Hal ini tidak lepas dari kontribusi yang dilakukan PGN dalam memperluas penyaluran gas bumi ke berbagai daerah, termasuk ke Sorong.

Pada saat acara peresmian, Business Unit Head Gas Products PGN, Wahyudi Anas, mengungkapkan bahwa secara bertahap sebanyak 3.898 rumah akan mendapatkan pasokan gas bumi dari PGN. Dirinya mengatakan, dengan penyaluran gas bumi tersebut, maka warga Sorong dapat memasak menggunakan energi gas bumi dari PGN.

Lebih lanjut, menurut  Wahyudi, penyaluran gas rumah tangga di Sorong ini merupakan penugasan dari pemerintah melalui Keputusan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 3337 K/12/MEM/2015 tanggal 10 Juli 2015. Adapun untuk infrastruktur gas bumi tersebut, Wahyudi mengatakan akan dibangun oleh Kementerian ESDM, sedangkan PGN nantinya yang akan mengelola dan mengoperasikan serta menyalurkan gasnya ke rumah tangga.  Sementara untuk pasokan gas, PGN mendapatkan dari PT Petrogas (Basin) Ltd dengan volume sebanyak 0,2 juta kaki kubik per hari (MMscfd).

Perlu diketahui, jaringan gas bumi ke rumah-rumah di Sorong ini merupakan yang pertama kali di Papua.  Selain di Sorong, PGN juga mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk mengelola dan mengoperasikan jaringan gas rumah tangga di 10 daerah lainnya dengan total 43.337 rumah. Bahkan, PGN saat ini juga menyalurkan gas ke lebih dari 1.857 pelanggan komersil (rumah makan, mal, hotel, restoran, rumah sakit) dan usaha kecil menengah sepeti warteg, jamu, usaha genteng dan lainnya, serta menyalurkan gas ke 1.529 industri dan pembangkit listrik.

Sumber:

http://finance.detik.com/read/2016/02/29/154638/3153847/1034/pgn-aliri-gas-bumi-ke-3898-rumah-di-sorong

Tulisan ini disumbangkan untuk situs Si-Nergi
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar