Mengenal Sosok Hendi Prio Santoso, Direktur Utama PGN (1)

Leave a Comment
Infografis: Mujahid Alawy (Si-Nergi.id)
Sosok Hendi Prio Santoso mungkin belum familiar bagi sebagian orang. Namun, jika dikaitkan dengan PT. Perusahaan Gas Negara (PGN), sosok Hendi Prio Santoso tentu sudah tidak asing lagi terdengar di telinga. Pada 13 Juni 2008 lalu, pria kelahiran Jakarta, 5 Februari 1967 ini ditunjuk oleh Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Sofyan Djalil, sebagai Direktur Utama PT.PGN yang baru menggantikan Sutikno. Pengangkatan Hendi Prio ini tidak lepas berdasarkan hasil penilaian prestasi kerja yang bagus selama menjabat sebagai Direktur Keuangan PT. PGN.

Selama menjabat, Hendi Prio dianggap berhasil membawa PT. PGN dengan kinerjanya yang bagus. Salah satu capaian yang dilakukan Hendi Prio adalah berhasil membawa perusahaan yang telah bertaransformasi menjadi perusahaan publik itu menunjukkan kinerja bagus dengan membukukan laba bersih tahun 2011 sebesar Rp5,93 triliun. Padahal pada saat  itu sedang terjadi kontroversi terkait harga gas.

Selain berhasil membukukan laba bersih, pria lulusan BBA Keuangan dan Ekonomi Universitas Houston, Amerika Serikat, itu juga telah banyak melakukan berbagai terobosan. Dia berencana untuk membangun infrastruktur ke seluruh wilayah, seperti dengan membuat jalur atau jalan tol bagi gas dari ujung Sumatera sampai Bali lewat pipa.  Bahkan, ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, dia mengajak Jokowi bekerja sama  untuk menangani bahan bakar gas bus Transjakarta. Hasilnya sudah bisa dilihat sekarang. Hal ini tidak lepas karena pemahaman Hendi Prio yang sangat menguasai soal gas.

Pada Agustus 2014, di tengah panasnya bursa calon Direktur Utama PT. Pertamina (Persero) yang akan menggantikan Galaila Karen Agustiawan yang mengundurkan diri, nama Hendi Prio Santoso juga sempat muncul sebagai kandidat kuat.  Beberapa kalangan menilai sosok Hendi Prio merupakan calon yang pas, karena dari nama-nama calon yang ada, nama Hendi Prio dianggap yang clean and clear. Meski Akhirnya Kementerian BUMN (kini, Rini Mariani Soemarno) menunjuk Dwi Soetjipto (Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero)) sebagai Direktur Utama.

Sumber:


http://www.jakartasatu.com/2014/08/hendi-prio-santoso-dirut-pgn-dinilai-paling-bersih-cocok-jadi-dirut-pertamina




Tulisan ini disumbangkan untuk situs Si-Nergi
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar