Mengenal Sosok Hendi Prio Santoso, Dirut PGN: Tidak Ada Celah Bagi Calo Migas (3)

Leave a Comment
Infografis: Mujahid Alawy (Si-Nergi.id)
Kehadiran Hendi Prio Santoso sebagai Direktur UtamaPT. Perusahaan Gas Negara (PGN) membawa angin segar. Pasalnya, pada Oktober 2008 saham PGN sempat anjlok hingga 60 persen. Hal tersebut karena pengaruh krisis ekonomi global serta masalah kebocoran gas. Bahkan, laba bersih tahun 2008 PGN juga ambrol 17,31 persen dibandingkan tahun sebelumnya menjadi $65,9 juta. Namun, berkat tangan dingin seorang Hendi Prio, berbagai masalah yang sempat mendera PGN, perlahan mulai terkikis.

Sejak berada di bawah kepemimpinan Hendi Prio, PGN yang pada 2003 memilih menjadi perusahaan terbuka, kini menjelma menjadi perusahaaan yang dikenal bersih, bebas korupsi, dan menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance). Hal tersebut tidak lepas dari prinsip Hendi Prio yang terkenal dalam aksi memberantas calo di industri migas.

Menjabat sebagai Direktur Utama PGN, Hendi Prio juga menyusun kode etik karyawan yang diterbitkan sebagai “Kode Etik Karyawan” dan “Kode Etik Pimpinan”. Adanya kode etik tersebut memberikan catatan positif bagi PGN dalam membentuk prosedur dan peraturan terkait dalam berinteraksi. Melalui kode etik ini pula, diberikan panduan praktis tentang cara menangani konflik kepentingan, korupsi, suap, gratifikasi, dan manajemen informasi. Dengan demikian, calo gas tidak akan berkutik dan tidak punya celah untuk menyelusup dan mencampuri bisnis migas, terutama dengan karyawan dan pimpinan PGN.

Selain itu, di tangan dingin seorang Hendi Prio, PGN menjelma menjadi perusahaan menguntungkan dan terbuka serta transparan. Bayangkan saja, tahun 2014 PGN mencatatkan pendapatan neto sebesar USD 3,41 miliar naik 13,6 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yaitu USD 3,00 miliar. Laba operasi sebesar USD 982,06 juta naik 5,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yaitu USD 933,35 juta dan EBITDA sebesar USD 1,16 miliar naik 3,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yaitu USD 1,12 miliar. Selama tahun 2014 PGN membukukan laba bersih sebesar USD 722,75 juta.

Sumber:





Tulisan ini disumbangkan untuk situs Si-Nergi
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar