Kado Manis Ulang Tahun FSRU Lampung

Leave a Comment
Infografis: Mujahid Alawy (http://bit.ly/1qqFWIS)
Awal April 2016 ini nampaknya menjadi tahun terbaik bagi Floating Storage andRegasification Unit (FSRU) Lampung, yang dikelola PT PGN LNGIndonesia, anak usaha PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Hal tersebut karena awal April ini FSRU Lampung akan genap berusia 2 tahun. Sempat dibayangi kegagalan akibat mangkrak selama 7 bulan di tahun 2015, FSRU Lampung justru bangkit dan kini menjadi pendukung pemenuhan kebutuhan energi nasional.

Selain itu, rencana PT PGN yang akan menerima dan menyalurkan 8 kargo atau setara 1,1 juta meter kubik gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG), menjadi kado manis di ulang tahun FSRU Lampung yang kedua ini.  Delapan kargo LNG tersebut berasal dari Kilang LNG Tangguh Papua, dan diterima secara bertahap, mulai April hingga akhir tahun.

Sekadar informasi, FSRU adalah sebuah terminal terapung yang di dalamnya dilengkapi dengan fasilitas untuk menampung LNG dan fasilitas untuk mengubah LNG menjadi gas (regasifikasi). Adapun untuk FSRU Lampung sendiri diresmikan pada 7 April 2014 lalu ini memiliki dimensi LOA 294 meter, luas 66 meter, dan kedalaman 26 meter. Selanjutnya untuk berat FSRU Lampung di dalam air laut adalah 81.900 ton dengan memiliki kapasitas penampung LNG 170.000 meter kubik dan kemampuan regasifikasi 240 MMSCFD (juta kaki kubik per hari). FSRU Lampung terletak di lepas pantai, yang berjarak sekitar 21 Km dari Labuhan Maringgai, Lampung.

Sempat mengalami masa-masa sulit, di antaranya mangkrak selama tujuh bulan akibat gasnya tidak tersalurkan, FSRU Lampung akhirnya mulai beroperasi kembali pada  6 Oktober 2015 lalu. Bahkan, kini Keberadaan FSRU Lampung ini sangat mendukung pemerintah untuk mengurangi konsumsi bahan bakar minyak serta pemanfaatan sumber gas di luar wilayah Indonesia bagian barat untuk dimanfaatkan bagi kebutuhan gas bagi Sumatera bagian selatan dan Jawa bagian barat.


Sumber:


Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar