Serial One Piece dan Era Baru FSRU Lampung

Leave a Comment
Kamu tahu restoran Baratie? Buat yang suka dengan serial One Piece, nama itu pasti tidak asing di telinga kalian. Ya, itu adalah restoran laut milik mantan bajak laut legenda Zeff si Kaki Merah. Di restoran itu pula, bajak laut Monkey D. Luffy mendapat anggota baru, seorang koki yang mendapat gelar si Kaki Hitam, Sanji.
Sebelum kamu bingung memikirkan kaitan Floating Storage and Regasification Unit (FSRU) Lampung  dengan cerita anime tersebut. Saya akan mengupas ini secara halus, sehalus pipi yang dilapisi bedak tiga sentimeter.
Restoran Baratie ini bendiri berkat cita-cita Zeff yang ingin membuat restoran di atas laut (terapung). Sementara Floating Storage and Regasification Unit (FSRU) Lampung adalah sebuah terminal terapung yang di dalamnya dilengkapi dengan fasilitas untuk menampung 170.000 meter kubik LNG dan memiliki kemampuan fasilitas untuk mengubah LNG menjadi gas atau disebut dengan istilah regasifikasi sebesar 240 MMSCFD (juta kaki kubik per hari). Dari tata letaknya saja sudah ada kesamaan, bedanya hanya pada bentuk dan produk, kalau Baratie adalah restoran, sedangkan FSRU Lampung adalah terminal terapung penampung LNG.
Salah satu alasan yang membuat restoran Baratie disegani adalah karena prinsip Zeff yang tidak pernah mempedulikan siapapun yang datang ke restorannya, baik itu angkatan laut, kalangan bangsawan, maupun bajak laut. Baginya, setiap orang yang datang dengan keadaan lapar, harus segera diberi makan, meskipun orang tersebut tidak membawa uang.
Prinsip yang digunakan Zeff ini menurut hemat saya juga dilakukan oleh PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Saya katakan demikian, karena PGN melalui FSRU Lampung ini juga terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan gas bumi bagi pelanggan PGN di Jawa bagian barat maupun Sumatera bagian selatan. Bahkan, dengan prinsipnya yang kuat pula, PGN melalui FSRU Lampung ini berupaya mewujudkan megaproyek listrik 35.000 megawatt (Mw) yang digagas Presiden Joko Widodo.
Perwujudan tersebut dibuktikan dengan FSRU Lampung yang kembali menerima kargo LNG (Liquefied Natural Gas) atau gas bumi cair yang berasal dari Kilang LNG Tangguh, Papua, pada minggu (24/42016). Ini adalah pengiriman kargo kedua setelah pengiriman pertama pada 2 April 2016 lalu.
Ada hal lain yang membuat saya membayangkan serial One Piece dengan FSRU Lampung ini. Kamu harus tahu, sebelum mencapai FSRU Lampung, pengiriman LNG ini dilakukan dengan sebuah kapal yang berlayar sekitar satu minggu dengan mengangkut satu kargo LNG (sekitar 137.700 meter kubik). Luar biasa bukan.
Saya membayangkan bahwa kapal yang berlayar itu adalah Sunny Go, kapal kedua milik kru Mugiwara No Luffy dalam serial One Piece. Kapal yang membawa Luffy dan kawan-kawannya menuju Era Baru.
Begitu juga dengan kapal yang tiba di FSRU Lampung membawa LNG ini. Kapal ini bagi saya juga membawa era baru. Ya, era di mana masyarakat di Indonesia tidak perlu lagi takut dengan cadangan minyak bumi yang semakin menipis. Era di mana beberapa daerah di Indonesia tidak perlu lagi takut kekurangan listrik. Era yang dimulai salah satunya dengan adanya FSRU Lampung ini.

Sumber:


Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar