Srikandi Sorong dan Komitmen PGN Pasok Gas Bumi

Leave a Comment
Penelusuran saya terkait gas bumi, PGN, maupun energi alternatif kembali menemukan kisah yang menurut saya menarik. Pada laman blog milik Mbak Fitri, saya menemukan kisah srikandi Sorong yang terbantu dengan penyaluran gas bumi dari PT Perusahaan Gas NegaraTbk (PGN). Para srikandi di Sorong, Papua Barat, kini dapat menikmati gas bumi dari perusahaan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini.

Dalam tulisan tersebut, penulis mengungkapkan manfaat penyaluran gas bumi PGN di daerah Sorong, yang mana para kaum wanita di sana tidak perlu lagi bersusah payah mencari kayu bakar, minyak tanah, atau tabung gas elpiji yang bukan hanya langka, namun juga harganya mahal. Sekadar informasi, harga elpiji 12 kilogram di Sorong mencapai Rp500 ribu.

Berkat penyaluran gas bumi PGN ini pula, kini para mama di lima kelurahan di Sorong tidak hanya merasa terbantu dalam hal memasak, melainkan dapat menghemat biaya pengeluaran rumah tangga  sehari-hari. Ini tidak lepas karena gas bumi yang dialirkan PGN bukan hanya murah, namun juga dapat digunakan 24 jam.

Bicara manfaat penggunaan gas bumi PGN kita memang merasa menemukan sebuah oase di tengah padang pasir. Saat dunia, termasuk Indonesia sibuk mencari energi alternatif untuk mengganti bahan bakar minyak yang cadangannya semakin menipis, PGN hadir membawa energi alternatif tersebut.

Cerita Mbak Fitri tentang Srikandi Sorong yang terbantu dengan kehadiran gas bumi PGN hanyalah sebagian kecil. Menurut saya masih banyak rumah-rumah di beberapa daerah yang kini juga sudah merasakan manfaat aliran gas bumi PGN. Terlebih mereka merupakan pelanggan yang sudah lama menggunakan gas bumi PGN. Saya ambil contoh yang ada di Rumah Susun Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat yang menjadi pelanggan setia selama hampir 31 tahun. Ini menunjukkan selama 31 tahun, PGN memasok gas bumi untuk kebutuhan memasak warga di sana. Hal lain yang juga membanggakan, selama 31 tahun memasok gas bumi, warga Rusun Keboon Kacang mengaku tidak pernah terjadi insiden. Kalaupun ada kerusakan pipa gas, petugas PGN sigap memperbaikinya.

Selain itu, manfaat gas bumi PGN juga tidak hanya dirasakan oleh ibu rumah tangga. Berdasarkan informasi yang saya terima dari berbagai media, gas bumi PGN justru kini memasok ke pelaku-pelaku Usaha Kecil Menengah, perhotelan, pondok pesantren, serta dunia industri. Hal ini membuktikan ucapan Direktur Utama PGN, Hendi Prio Santoso saat bersama Menteri Energi Sumber Daya Mineral meresmikan infratruktur gas di Batam pada 30 Januari 2015 lalu. Dalam sambutannya, Hendi Prio mengatakan bahwa peresmian tiga proyek yang dilakukan tahun lalu menjadi momentum positif dalam mendukung upaya pemerintah untuk mewujudkan konversi energi ke gas bumi.

Melihat komitmen dan upaya yang dilakukan PGN dalam mewujudkan konversi energi ke gas bumi sudah selayaknya mendapat apresiasi dari kita semua. Apalagi dengan melihat hasil kerja nyata yang dilakukan PGN, tentunya kita berharap pelayanan yang diberikan PGN tidak hanya berhenti sampai di Sorong, tetapi daerah-daerah lain juga dapat merasakan aliran gas bumi PGN, terutama daerah yang masih mengalami kesulitan dalam pemerolehan energi.

Artikel ini untuk merespon tulisan Nurfitria Harnia tentang Manfaat Gas Bumi Bagi Srikandi Sorong

Sumber:
http://finance.detik.com/read/2015/12/25/130408/3104219/1034/doa-dari-para-ibu-rumah-tangga-buat-pgn



Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar