Mengintip Keselamatan Kerja PGN Hingga Raih Penghargaan Internasional 3 Tahun Berturut-turut

Leave a Comment
Penghargaan ASEAN Occupational Safety and Health Network (ASEAN-OSHNET) yang tahun ini kembali diraih PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menunjukkan bahwa PGN yang dituntut untuk terus berkembang dalam ekplorasi dan pengadaan gas alam, baik untuk kebutuhan industri ataupun rumah tangga, nyatanya tetap mengedepankan keselamatan dan kesehatan kerja, yang terbukti dengan tidak pernah terjadinya kecelakaan kerja (zero incident). Apalagi penghargaan yang diberikan langsung oleh Deputy Minister of Labour, War Invalids and Social Affair (MoLISA) Vietnam, Doan Mau Diep ini merupakan kali ketiga secara berturut-turut diraih PGN, yakni dari tahun 2013 hingga 2015. Lantas apa yang dilakukan PGN hingga berhasil melaksanakan dengan baik keselamatan dan kesehatan kerja dalam tiga tahun terakhir hingga tidak pernah terjadi kecelakaan.
Dilansir dari situs resmi PGN, tepatnya di bagian keamanan, dijelaskan bahwa sifat gas alam yang sangat mudah terbakar membuat PGN menempatkan kesehatan dan keselamatan kerja tepat di atas prioritas PGN.
Dalam keterangan tersebut juga menjelaskan tujuan perusahaan, yaitu berusaha mempertahankan nol kecelakaan melalui penerapan keamanan yang ketat, standar dalam semua aspek bisnis, dan menjadikan keamanan sebagai bagian yang tertanam dari budaya PGN.
Pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja di PGN juga terus diperbarui. Sebelum 2009, keselamatan dan kesehatan kerja dilaksanakan sebagai sistem terpusat di kepala kantor melalui divisi dan layanan struktur, namun pada tahun 2009 digantikan oleh komite yang dipimpin oleh presiden direktur sendiri, di bawah pengawasan pengelolaan lingkungan keselamatan dan kesehatan dan  komite. Artinya, kegiatan keselamatan dan kesehatan tidak lagi tanggungjawab dari kepala kantor tetapi melibatkan semua karyawan di daerah masing-masing.
Dalam melaksanakan keselamatan dan kesehatan kerja, PGN bekerja dengan konsultan keamanan kelas dunia untuk merumuskannya secara berkelanjutan dan pelaksanaan keselamatan di perusahaan. Dengan kerjasama dari seluruh perusahaan, dari tingkat direktur ke tingkat karyawan.
PGN berharap bahwa dengan membuat keselamatan bagian dari perilaku sehari-hari, keselamatan utama akan dicapai pada tahun 2014. Hal tersebut terbukti dengan penghargaan ASEAN Occupational Safety and Health Network (ASEAN-OSHNET) yang diterima PGN selama tiga tahun berturut-turut dari tahun 2013 hingga 2015.
Melihat prestasi tersebut, sudah seharusnya persuahaan-perusahaan turut melihat dan mencontoh apa yang telah dilakukan PGN dalam menjaga kesehatan dan keselamatan kerja.
Sumber:
http://finance.detik.com/read/2016/04/28/135822/3198863/1034/pgn-raih- penghargaan-asean-oshnet-di- vietnam

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar