Pemasangan Instalasi Gratis Langkah Jitu PGN Sosialisasikan Gas Bumi di Lampung

Leave a Comment
Banyak cara dilakukan untuk mengajak masyarakat beralih menggunakan gas bumi. Di Surabaya, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) bersinergi dengan pemerintah kota setempat mengajak masyarakatnya untuk melihat langsung manfaat dari penggunaan gas bumi ini ke salah satu kawasan yang sudah mendapat  aliran gas bumi. Sementara di Lampung, untuk lebih mensosialisasikan penggunaan gas bumi di Kota Gajah tersebut, PGN menggelar sosialisasi “Paparan Publik Informasi Berlangganan Gas Pelangggan Jargas ESDM 2017, Energi Baik Gas Bumi, Wujud PGN Sayang Ibu” di Kantor Kelurahan Sukamenanti Baru, Kecamatan Kedaton, Bandang Lampung, Sabtu (1/10/2016) lalu.

Meski sempat diguyur hujan, warga terlihat antusias menghadiri sosialisasi yang dilakukan oleh PGN ini. Dalam sosialisasi tersebut, PGN akan menggratiskan sebanyak 12 ribu pemasangan sambungan gas bumi bagi masyarakat menengah ke bawah. Program pemasangan instalasi gratis ini tentunya hasil kerjasama PGN dengan Pemerintah Kota Bandar Lampung.

Dalam sosialisasi yang digelar pada malam hari ini turut disajikan video  yang berkaitan dengan tips dan tata cara penggunaan gas bumi  di rumah, termasuk tata cara mengatasi jika gas mengalami kebocoran. Selain itu, sosialisasi tersebut juga menjelaskan kepada warga terkait manfaat yang diberikan gas bumi, yakni praktis, hemat hingga 50 persen dari gas LPG, serta lebih ramah lingkungan.

Salah seorang tim PGN, Findra Agustian menjelaskan perbedaan antara gas bumi dengan gas LPG. Ia mengungkapkan, sifat gas bumi bergerak ke atas karena beratnya lebih kecil dari udara. Hal inilah yang membuat gas bumi lebih aman dari LPG, di mana jika terjadi kebocoran, gas akan keluar bersama udara, sehingga lebih aman dan risiko kebakarannya sangat minim.

Findra juga menjelaskan terkait sistem aliran gas bumi dari pusat hingga sampai ke rumah tangga. Ia mencontohkan bahwa sistem ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan air pam. Sementara dari sisi harga, gas bumi PGN ini jauh lebih murah dari gas LPG. Jika warga memakai gas LPG 3 kg bisa menghabiskan sekitar 4 tabung gas, maka estimasi biaya yang dikeluarkan pun cukup besar, yakni mencapai Rp80 ribu. Namun, jika menggunakan gas bumi PGN, warga cukup membayar Rp33.400 dengan jumlah pemakaian yang sama.


Begitu juga jika warga memakai gas LPG 12 kg yang bisa mencapai Rp120 ribu, maka dengan beralih  menggunakan gas bumi, warga cukup membayar Rp57.600. Artinya, warga bisa menghemat hingga 50 persen jika menggunakan gas gumi PGN di rumah.

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs si-nergi

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar