Menatap Perkembangan Teknologi Informasi untuk Anak: Internet untuk Anak, Perlukah? (2)

Leave a Comment
Pertanyaan tersebut sebetulnya sangat mudah untuk dijawab. Anak perlu internet. Namun pertanyaan selanjutnya, seberapa perlu atau butuh seorang anak terhadap internet. Ini yang menjadi peran orang tua untuk perkembangan anak, terutama dalam berinternet. Terkait efek negatif yang akan ditimbulkan, kita sebagai orang tua tidak bisa begitu saja menjauhkan anak-anak kita dari internet. Justru sebaliknya, hendaknya memperkenalkan internet kepada anak sejak dini sangat perlu dilakukan. Bukan tidak mungkin, ketika kita melarang anak untuk berinternet justru membuat anak semakin penasaran dan mencarinya di luar. Hal ini akan menimbulkan risiko yang lebih besar.

Berbicara internet untuk anak, saya sendiri merasakan kasus yang cukup mengejutkan, dan mungkin ini juga dialami bagi sebagian orang lain. Kasus ini bermula ketika saya tiba-tiba mendapat pesan suara melalui aplikasi WhatsApp yang dikirim oleh keponakan saya, kemudian belakangan dia mulai mengirimkan pesan gambar melalui BBM, padahal usia keponakan saya baru 3 tahun. Saya sempat menanyakan kepada orang tuanya, bagaimana bisa dia melakukan itu. Orang tuanya mengatakan bahwa dia bisa karena sering melihat kakaknya sering menggunakan pesan suara. Bahkan orang tuanya mengatakan bahwa keponakan saya ini bisa dan tahu di mana tempat untuk membuka foto, lagu, atau video. Bagi saya, anak usia 3 tahun memainkan smartphone laiknya orang dewasa sangat mengejutkan. Saya takut, bagaimana jika sewaktu-waktu dia (keponakan) berselancar di dunia maya misalnya youtube, kemudian menemukan konten yang negatif, sedangkan orang tuanya belum memperkenalkan lebih jauh tentang baik dan buruknya internet.


Melalui kasus di atas, sedikitnya saya melihat bahwa internet dan anak bukan lagi sesuatu yang harus ditolak atau dijauhkan, tetapi tidak lantas membebaskan atau membiarkan anak begitu saja untuk berinternet. Sekali lagi peran orang tua menjadi sangat penting dan menjadi PR untuk memastikan bahwa anak-anak berinternet secara sehat dan aman.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar